Skip to main content

Posts

Showing posts from 2010

Gadon Daging Bumbu Sederhana

Gadon daging ala MbokDhe Hita ini memakai Bumbu sederhana.
Disajikan sebagai pendamping utama sayur asem, tapi dimakan dengan nasi hangat saja sudah enaaakkkk dan seger  ^_*

Bahan & Bumbu(haluskan semua ya)

250 gr Daging giling
400 ml Santan atau Susu Putih tawar
1 Butir Telor
Aduk rata sisihkan


Bumbu Yang Dihaluskan :
5 Butir Bawang Merah
3 Siung Bawang putih
1/2 Sdt Ketumbar
1/2 Sdt Merica
2 Butir Kemiri 
1 cm Kencur
1 1/2 Sdt Gula
1 Sdt garam

Iris :
1 buah tomat iris rapi jadi  8 bagian
Beberapa Cane rawit 


Masukkan bumbu halus ke adonan daging

Pembungkus :
Daun Pisang yang sudah dilayukan di atas wajan dgn api kecil 
(sampai layu aja)
Lidi yang sudah dipotong rapi atau Tusuk Gigi utk menyematkan daun

Cara Pembuatan:
Campur semua bahan aduk rata, lalu bungkus bentuk tum dgn daun pisang beri masing2 setiap bungkus irisan tomat & cabe rawit utuh
Kukus  20 menit .

Sop Merah ala kadarnya ^_*

Papanya anak-anak minta dibuatkan Sop Merah

Karena harus apa adanya di tanggal sepuh maka...ngebut bikin sop merah ala kadarnya.


Bahan:

2 Wortel Besar potong dadu
5 Buah Tomat besar, rebus sampai kulit terkelupas, haluskan di atas saringan.
50 Gram Daging giling (adanya ini di kulkasku) bisa diganti ayam  ^_^
1 Buah Bawang Bombay iris dadu
3 Siung Bawang putih memarkan, lalu iris halus
1 Sdt garam
2 Sdt gula
1 Sdt seasoning rasa ayam *optional
1 Sdt pala bubuk kalau gak ada yg bubuk ya yg utuh diparut pakai parutan keju
1 Sdt merica halus
7-8 Sdm Saos Tomat botolan (aku pakai Del Monte)
6 Buah Sosis Sapi Bernardi iris tipis


Pengolahannya (ala MbokDhe Hita)
1. Rebus wortel bersama daging sampai agak empuk lalu masukkan tomat yang sudah dihaluskan & sudah disaring itu.
2. Masukkan sosis
3. Masukkan bumbu-bumbu halus
4. Tumis Bawang bombay dan Bawang putih dengan 2 Sdm minyak goreng sampai layu lalu masukkan ke rebusan Sop.
5. Rasakan kuahnya, sesuaikan manis asinnya.

Sambel Goreng

Sambel Goreng krecek ala MbokDhe Hita
Bahan:
100 gr krecek, rendam sampai krecek lunak,tiriskan.sisihkan.
300 ml santan
50 gr Cabe Merah, rebus sisihkan
4 butir Bawang Merah
3 siung Bawang putih
1 butir Kemiri goreng
1/2 cm Lengkuas
1 lmb Daun Salam
1/2 sdt garam
1 sdt gula

Haluskan Cabe Merah yg sudah direbus dengan bumbu lainnya lalu tumis sampai harum lalu masukkan krecek lalu santan, masak sampai bumbu meresap di atas api kecil.

Sayur Genjer

Resep Sayur Genjer ala Dapoer kampoeng
karena tidak ada udang maka saya pakai sebagian teri yg jd bahan botok tahu...
2 ikat sayur Genjer,cuci bersih,potong kecil2 tiriskan
3 siung bawang putih iris tipis
1 batang daun bawang iris tipis
1 buah tomat
laos secukupnya
200 ml santan
garam & gula sesuai selera

tumis semua bumbu iris & teri lalu masukkan sayur genjer & laos lalu tuangkan santan,biarkan diatas api kecil.5 menit kemudian aduk lalui bumbui dengan garam & gula.Jangan terlalu lama memasaknya,nanti jd pahit.

Botok Tahu Teri

Resep Botok tahu teri:
Teri direndam air panas 10 menit lalu tiriskan,cuci dgn air hangat lalu sisihkan
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
sedikit kencur
2 btr kemiri
garam & gula sesuai selera
Uleg halus semua bumbu
5 sdm kelapa parut(kelapa agak muda)
50 ml santan kental
Haluskan 5 buah tahu yg sudah dicuci,hancurkan lalu campur dengan teri & kelapa parut lalu ratakan dengan bumbu halus
4 bh cabai hijau besar iris serong
2 bh tomat iris sesuai dengan selera

Ambil 3 Sdm adonan lalu bungkus dgn daun pisang dengan cara tum lalu kukus 20 menit.

Pepes Udang Kelapa

Pepes udang campur parutan kelapa agak muda,aku kasih daun jeruk ;)
dimaem sama nasi hangat :) ...jgn lupa Bismillah dulu lalu Alhamdulillah :))

Resep
250 gr udang
1/4 kelapa parut (kelapa agak muda..yg bukan kelapa muda)
4 buah daun jeruk
daun pisang secukupnya
Bumbu halus:
5 buah cabai merah besar
2 buah cabai kecil
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
2 butir kemiri
1 buah tomat
gula & garam secukupnya

campur semua bahan,tata di setiap bungkus dgn diberi daun jeruk,bungkus & semat dgn lidi,kukus selama 20 menit
----------gampang kan--------------

Bandheng Goreng Sambel kecap

Menu ini menu favorit Papanya anak-anak dan Daffa sudah mulai suka juga.
Yang menjadikan istimewa adalah sambel kecapnya yang manis gurih pedas.

Bahannya:
1 Ekor Ikan Bandheng, belah 2 lalu goreng
Bumbu utk menggoreng
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai
sedikit jahe
1 cm kunyit
garam & gula sesuai selera
haluskan semua bumbu lalu beri air sedikit kira2 6 sdm air matang lalu balurkan bumbu ke ikan bandheng setelah itu goreng kering.
Tiriskan

Bahan Sambel Kecap yang gurih manis pedas ala MbokDhe Hita (huahaha)
- 1 siung bawang putih goreng
- 3 buah Cabe Merah Besar
- 2 buah cabe rawit
- 1 sdt terasi
- gula 1 sdt
- garam sedikit saja karena sudah ada terasi
- 1 jeruk sambel belah jd 2 (penyet nanti di atas sambel ya)
Haluskan semua bumbu lalu tambahkan 28 ml(alias 2 sachet) kecap manis

Biarkan sambel ada di cobek lalu penyet Bandheng Goreng di atas sambel
sajikan dengan nasi putih hangat dan daun kemangi serta timun (kalau ada)
nyam nyam kriuk-kriuk

Bandheng Kuning

Masakan ini masakan favorit Daffa mulai umur 8 bulan,eh Adik suka juga...jadi kalau pas beli ikan bandheng 1 kg biasanya isi 2 ekor ikan bandheng jadi masak 2 menu : Bandheng Kuning & Bandheng goreng sambel kecap (ini kesukaan Papanya anak-anak)

Berikut resep Bandheng Kuning :
Potong jadi 3 ikan bandheng yang sudah dibersihkan.
sisihkan
Bumbu :
3 siung Bawang putih iris tipis
1 batang daun bawang (bawang pre) iris tipis
2 lembar daun jeruk
1 bh blimbing sayur belah 2 *bisa diganti dgn tomat semi hijau
1 bh cabe merah besar iris tipis
2 cm kunyit iris2 tipis
1 batang sereh memarkan
Gula & Garam sesuai selera

2 gelas blimbing air matang
3 sdm minyak utk menumis


Panaskan minyak lalu tumis semua bumbu sampai harum lalu masukkan ikan bandheng yang sudah dipotong-potong lau tambahkan air, masak di api kecil.
masak 10 menit
Sajikan dengan nasi hangat...

Sosis Solo

Daffa pengen sosis solo maka aku googling dan lagi-lagi berguru ke Mbak Ine dw
Resepnya top dan ini aku pilih yang resep sosis solo goreng
 Kulit : patokan resep dari Mbak Ine aku sesuaikan sendiri  
Bahan:
250 gr tepung (aku pakai kunci biru)
1 sdm tepung maizena
1 butir telur
250 ml santan
200 ml air
1 sdt garam
2 sdm minyak goreng

Campur semua bahan aduk rata perlahan ketika mencampur dengan bahan cair.
Dadar sampai habis


Isiannya kali ini aku pakai daging ayam (low budget sih hehehe tapi tetep bersyukur)
Aku pakai dada ayam 400 gram, rebus dgn daun jeruk & daun salam agar amisnya
ilang, lalu tiriskan setelah matang kemudian suwir-suwir halus. Sisihkan

Bumbu isian :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
sepucuk sdt jinten
3 butir kemiri
garam & gulasesuai selera
150 ml santan
2 sdm minyak goreng utk menumis bumbu


Haluskan semua bumbu lalu tumis sampai harum masukkan daging ayam suwir lalu masukkan santan, tunggu sampai meresap masak dgn api kecil.


Isikan ke dadar sampai hab…

Nasi Goreng Jawa alias Sego Goreng Jowo ala Mbhita

Menu sederhana ini salah satu favorit Daffa & Papanya   ^_*

Bumbu :
10 butir bawang merah
 2 siung bawang putih
4 Cabe Merah
1 sdt terasi
1 buah tomat kecil
garam & gula secukupnya
Haluskan

Kecap manis 14 ml alias satu sachet
Nasi putih pera 3 piring
3 butir telor untuk dibuat telor mata sapi


Panaskan  2 Sdm minyak goreng lalu masukka bumbu halus setelah harum masukkan kecap lalu kecilkan api, masukkan nasi putih lalu aduk cepat.


Sajikan dengan telor mata sapi, tambahkan irisan timun (kalau ada)


Mini AmRis

Kue ini favorit keluarga kecil kami, aku belajar bikin Kulit Risoles di catatan Mbak Ine tentang kulit risoles.
Makasih ya Mbak Ine
Resepnya pun ada di sini
cuma aku gak pakai mayonese & susu kental manis, boso jowone aku lawaran ae hehehe
Penyesuaian resep sebagai berikut:
Untuk Kulit Risoles:

250 gr tepung kunci biru
250 ml susu cair putih
400 ml air matang
 30 gr tepung maizena
3 butir telur
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
2 sdm minyak goreng

 *karena aku pakai pan lumayan kecil  1 resep ini jadilah 50 lembar*

Untuk isian aku pakai :
4 butir telor rebus @potong jadi 10
150 gr keju cheddar parut
5 lembar daging asap (smoked Beef) aku pakai farmhouse *soale cuma ada merk ini nang ndesoku* selembar bisa jadi 10 potong


Untuk Balutan:
200 gr tepung roti *aku pakai merk merbabu*
3 butir telur kocok lepas
1 liter minyak untuk menggoreng...


Begitu jadi...hhhmmm capekku hilang karena anak & suamiku langsung berbinar sambil cemal cemil...

Dapur Cantik- Dapur Cantik ini ternyata Milik Teman Sekolahku

Aku baru bisa berjalan-jalan melihat dapur-dapur menawan dengan hasil olahan yang luar biasa di sekitar akhir tahun 2008 ketika pertama kali rutin "jalan-jalan" di Blog masak para Ibu/Wanita Indonesia...TOP, salut buat mereka.

Blog-blog masak itu menawan dan indah foto-fotonya, ternyata beberapa Blog menawan itu milik temanku sekolah dulu...WOWWW...

Dan para temanku ini luar biasa keahliannya, senangnya hatiku ada Shirley salah satu teman SMP-ku kami sama-sama alumni SMPN 1 Surabaya hasil kreasinya cantik-cantik ada di dapur solia

Lalu ada Djeng Atik salah satu teman SMA-ku kami sama-sama alumni SMAN 7 Malang, dia berkreasi dengan cantik di kue& masakan diva

Ada lagi Blog masak milik sahabat baikku, dia benar-benar salah satu sahabat sejatiku, dia rela berbagi ilmu yang dia miliki dan dia murah hati memberi semangat padaku namanya Maria Magdalena sweet mary
Dear Maria...gak apa ya aku panggil sweet mary, emang kamu manis koq semanis "gula-gula" ilmu yg rela kau bag…

Orem-Orem Ndeso

Orem-orem Ndeso   :)
Resep.
4 tahu iris segitiga goreng setengah matang,tiriskan
6 iris tempe
1/4 kg ayam,potong kecil-kecil

Bumbu yg dihaluskan:
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 btr kemiri
1/2 sdt ketumbar
sedikit terasi
1 cm kencur
2 cm kunyit

Pelengkap tanpa dihaluskan:
300 ml santan
Lengkuas memarkan
5 lembar daun jeruk
5 buah cabe hijau besar iris serong besar2 (masukkan terakhir ketika sudah mendidih)
1 tomat iris besar

Tumis bumbu halus setelah harum masukkan ayam & santan lalu tempe,tahu serta bumbu pelengkap
Masak di api kecil

Nagasari Ijo Royo-royo

Nogosari ijo  royo-royo  :)
Resepnya:

600ml santan
250 gr tepung beras
50 gr tepung maizena
80 gr gula pasir
1 sdt garam
2 sdt essence pandan
6 buah pisang kepok (bisa diganti pisang radja...monggo njengengan ngersakaken pisang menopo)
daun pisang (utk membungkus)

Cara:
bagi 2 santan,300 ml dicampur dengan tepung beras(aduk rata)sedangkan 300ml lagi campur dgn gula,garam & essence masak di api kecil ketika mulai hangat tuangkan santan yg sudah dicampur tepung beras,aduk pelan sampai meletup-letup :)
Angkat,sisihkan & tunggu sampai uap panasnya hilang (jangan sampai dingin)
Lalu tata sesuai selera dan ambil pisang lalu tutup dengan adonan,bungkus lalu kukus selama 20 menit.

Monggo dicobi ;)

Cakwee (Resep By Maria Magdalena)

Cakwee    * dapat resep dari Maria Magdalena..Tq ya Maria ;)  *
Resep ada di Blog Masak Maria di
sweet mary (klik sweet mary)
Resep sbb:
500 gr tepung terigu
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
11 gr fermipan
1/2 sdt baking powder
2 sdm minyak sayur
300 ml air

Campur semua bahan kering lalu uleni sampai kalis,biarkan 15 menit (aku sambil ndengerin Nirvana) lalu bentuk dan goreng di minyak panas di api kecil ;)
Mak Nyuuss...
Tq Maria...

Gado-Gado Siram Ala Dapoer Kampoeng

Gado2 Siram ala Dapoer kampoeng
Bahan sayur yg aku pakai : Kentang 4 bh kukus Wortel iris panjang kukus Taoge/kecambah kukus Selada aku ganti sawi putih :( Timun *Monggo disesuaikan dengan sayur kegemaran Panjenengan :) 2 butir telor rebus (iris sesuai selera) Bawang goreng utk taburan

Bahan Bumbu:
250 gr kacang goreng blender dgn santan 500 ml

Bumbu halus yang dicampurkan : 
100 gr bawang merah goreng,
2 siung bawang putih yg sudah digoreng sampai layu,
10 buah cabai merah(buang isinya..aku buang 8 dan 2 tidak aku buang bijinya),
gula merah 50 gr,
garam.
Blender semua..lalu setelah halus masak di api kecil sambil diaduk tambahkan daun salam :)
Tambahkan 2 sdm tepung beras ditambah air 1 sdm (utk mengentalkan)
Beri 1 sdm air jeruk (bisa diganti dgn cuka masak)
Didihkan.

Tata sayuran rebus lalu siram dengan bumbu kacangnya :)
Monggo dipraktekkan :)

Rancangan Menu Minggu ke 2 Ramadhan 1431 H

Tidak terasa dalam menjalani Ramadhan...berlalunya demikian cepat kalau kita berpasrah diri
Selamat Menunaikan Ibadah Shaum

  Ramadhan merupakan bulan kesabaran dan balasan kesabaran adalah surga. Ramadhan merupakan bulan santunan, bulan yang dimana Allah melapangkan rezeki setiap hamba-Nya. Barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka akan diampuni dosanya, dan dibebaskan dari belenggu neraka, serta mendapatkan pahala setimpal dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa tersebut.” (HR Khuzaimah)

Sahur 8 :
-.Tumis kangkung
-.mendoan
-.udang goreng
Buka 8:
-.Es Dawet 
-.Sayur bening bayem
-.Ayam goreng

Sahur 9:
-.Gulai ayam
-.Lalapan daun singkong
Buka 9:
-.Es Mutiara rasa pandan
-.Bali Tahu & Telor

Sahur 10:
-.Bali Tahu & Telor
-.Acar mentah
Buka 10 :
-.Es Cincau rasa Lime
-.Bacem tahu tempe
-.Pindhang goreng
-.Sayur Asem

Sahur 11:
-.Sayur asem
-.Sambel goreng kering kentang
-.Ceplok Telor/Telor Mata sapi
Buka 11:
-.Es Tomat
-.Dadar jagung manis
-.Sa…

Menu Minggu I Ramadhan 1431 H

Alhamdulillah kita Diizinkan bertemu Ramadhan bulan penuh berkah kembali...
Duhita beserta keluarga memohon maaf lahir & batin
Mari kita jalani Ramadhan dengan hati bersih serta tawakal pada Allah Semata
Berikut rancangan Menu sederhana ala Dapoer Kampoeng

Rancangan Menu Ramadhan 1431 H

Sahur 1 :
-. Sarden goreng bumbu jambi  :)
-.Tahu goreng
-.Sambel kecap
Buka 1 :
-.Tumis Kangkung
-.Ayam goreng
-.Es Timun (Timun diserut disiram sari jeruk Nutr*s*r* yang rasa lime)

Sahur 2 :
-.Sambel goreng kering tempe
-.Tumis sawi
-.Telor Ceplok
Buka 2 :
-.Lodeh Tewel Tempe & kacang panjang
-.Ikan asin
-.Tahu goreng

Sahur 3 :
-.Lodeh Tewel Tempe & kacang panjang
-.Dadar Telor
-.Ikan asin
Buka 3 :
-.Balado telor
-.Tumis jagung putren & bakso
-.Es Tape

Sahur 4:
-.Tumis bayam
-.Sambel goreng kering kentang
-.Telor ceplok(mata sapi)
Buka 4:
-.Orem-orem Tahu tempe
-.Pindhang goreng
-.Es Buah.

Sahur 5
-.Orem-orem tahu tempe
-.acar mentah
-.Dadar corned
Buka 5
-.Tumis Sawi Putih Bakso
-.Martabak Tahu
-.Es Pudding 

Sahur 6
-.Sup ndeso

Tahu Brontak alias Tahu Teroris alias Tahu isi ala Hita

Tahu berontak alias tahu teroris ini tidak berbahaya dan cukup aman untuk dikonsumsi,hehehe dan tidak merepotkan Densus 88 ^_^
Berikut bahan yang dipakai (sangat mudah membuatnya)

Bahan:

20 buah(dijamin kurang) Tahu pong siap pakai (Tahu goreng siap pakai) 
2 batang bawang pre (iris halus)
3 siung bawang putih (iris halus)
3 sdm saos tiram
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica
1/4 sdt gula 
50 gr udang(optional) cincang
100 gr daging ayam cincang
100 gr taoge /kecambah
100 gr wortel(iris korek api)
50 ml air 

Untuk lapisan kulit:
50 gr tepung beras
100 gr tepung terigu
1 btr telur
1/4 sdt garam
air(sesuaikan) jdn terlalu encer 

Cara:
Tumis bawang putih sampai harum,masukkan bawang pre,lalu udang cicang & ayam cincang berikutnya saos tiram lalu masukkan taoge/kecambah & wortel,tambahkan air.masak sampai air meresap.
Sisihka.

Cuci bersih tahu lalu peras lembut(jangan sampai pecah) sobek sedikit lalu ambil sebagian dalam tahu (sisihkan)
Isi setiap tahu dengan isian lalu tutup dengan dalam tahu yg sudah dikeluarka…

Donat Kentang ala Hita

Donat kentang buatan Mbhita ini ...favorit Menara & Daffa,kalo papa yo sudah pasti habis cuma 3

Bahan:
800-700 gr tepung cakra
300 gr kentang kukus yg telah dihaluskan
3 kuning telur
90 gr gula pasir
11 gr fermipan(1 sachet fermipan)
3 sdm susu dancow
250 ml air
100 gr mentega cair
1/4 sdt baking powder(optional..boleh pakai boleh tidak) 

Minyak goreng 1 liter 

Caranya:
Buat lubang ditengah tepung yang sudah dicampur dengan Fermipan,gula & susu bubuk serta baking powder (ratakan) lalu beri 3 kuning telur,uleni sambil  diuleni bareng dengan beri air sedikit demi sedikit setelah air habis lalu campur dengan kentang kukus yang sudah dihaluskan lalu beri mentega cair,uleni hingga kalis.
Banting adonan. 
Tunggu 10-15 menit sampai adonan mengembang.
Kempiskan adonan.
Jika pakai donut cutter...ratakan adonan dengan ketebalan 1,5 cm...lalu cetak.
jika tidak ada donut cutter,ambil adonan @ 50 gr lalu lubangi.
Goreng di minyak hangat dengan api kecil...
Sajikan dengan gula halus atau sesuaikan dengan seler…

Sambel Tumpang

Masakan khas jawa ini...hmm gak ada bosennya dan membuatnya pun mudah ...
Siap-siap aja nasi hangat yang banyak...karena makan ini paling gak bisa...gak bisa sedikit...qiqiqi


Bahan :
-. Tempe (kalau bisa yang kemaren ^_^ )
-. 3 buah cabe merah (terserah kalau mau lebih)
-. 2 bh cabe rawit
-. 2 siung bawang putih
-. 3 bawang merah
-. 1 lembar daun salam
-. 1 lembar daun jeruk
-. 1 cm kencur
-. 1 cm laos
-. 1 butir kemiri
-. 400 ml santan
-. daun kemangi
-. garam & gula sesuai selera... 


Caranya :
Rebus semua bahan : tempe & bahan bumbu semua.
Masak santan di tempat terpisah.
Sisihkan dulu tempe yg sudah direbus dan siaaapp-siap Inem mengulek bumbu...haluskan: semua cabe,kemiri,laos,kencur,bawang merah,bawang putih.
Setelah halus,hancurkan tempe campur dengan bumbu...lalu siram dengan santan matang...aduk,ratakan.
Sajikan bersama kemangi &terong goreng, syukur-syukur  kalau ada ayam goreng disuwir...

Lemper ala Bunda Inong(Alm Inong Haris)

Daffa paling suka kue tradisional Lemper,beberapa kali googling resep maka aku jatuh hati di resepnya Alm Inong Haris alias Bundanya Zidan & Syifa disini berikut resepnya :

Bahan: 
500 gram ketan
500 santan
2 lembar daun salam
1 batang serai memarkan
1/2 sdt garam

Isi :
1 dada ayam rebus matang suwir-suwir
4 lembar daun salam
6 lembar daun jeruk
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdm air asam jawa
2 sdm minyak goreng

Haluskan :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
1 sdm ketumbar, sangrai
1 sdm gula pasir

Pembungkus : daun pisang secukupnya



Cara pengolahan:
Rendam ketan selama 2 jam, cuci bersih, tiriskan dan kukus 15 menit.
Angkat, sisihkan.

Kita buat isinya terlebih dahulu.
Tumis bumbu yang halus sampai wangi,
Masukkan santan, ayam, salam dan daun jeruk, air asam, masak hingga matang dan santan habis,
Angkat dan tiriskan.

Rebus santan bersama daun salam, serai dan garam, masukkan ketan yang telah dikukus dan aroni hingga seluruh santan dihisap oleh k…

Bolu Kukus

Meskipun Mixer belum ada...maka aku rela mengocok semua bahan dengan semangat ^_* 

dapat resep dari gogling,dan nemu  disinitidak punya cetakan bolu kukus juga tidak menjadi kendala bagiku...karena aku nekad memakai alat yang ada...maka loyang tulban aku pakai...hohohoho... 

Bahan:
5 butir kuning telur
4 putih telur
250 gram gula pasir
300 gram tepung terigu
½ sdt soda kue
175 cc air soda (Sprite/7Up)
½ sdt vanilla
1 sdm coklat bubuk untuk pewarna

Cara Membuat:
Alasi ± 20 cetakan bolu kukus(saya pakai loyang tulban dan jadinya bolu kukus yang besar hehehe) dengan kertas roti lalu masukkan ke dalam panci kukus yang airnya sedang mendidih.
Kocok telur, gula dan vanilla sampai kental dan naik lalu masukkan bergantian, ½ bagian tepung, ½ bagian air soda, begitu seterusnya sampai adonan habis, aduk rata. Ambil 5 sdm adonan, beri coklat bubuk, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh lalu tambahkan 1-2 sdt adonan yang diberi coklat bubuk.
Tutup panci kukusan, masak ± 20 me…

Kothokan Tongkol/ Ikan Phe(Ikan Pari) alias stingray *_*

Masakan ini,masakan paling gampang en serba cepat mengolahnya.
Dan yang penting lagi(bagiku) ini masakan favorit suami & anak-anakku...dan adik bungsuku,Dimas.
Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan utk membuatnya:


-Ikan Tongkol matang,cuci bersih dan potong sebesar @10 cm... goreng setengah matang,tiriskan ATAU Bisa juga Ikan Phe(Pari) yang sudah matng di pasar tradisional sdh dikukus 1/4 kg
-2 Terong ungu,cuci bersih belah jadi 2 lalu potong jadi 4,sisihkan
-2 batang bawang pre/daun bawang,potong2 atau rajang sedang
-2 siung bawang putih,iris2 tipis
-1 tomat hijau,potong jd 3
-4 sampai 6 cabe hijau besar...potong2 sesuai selera(potong menyerong atau biasa,terserah,suka-suka saja)
-Serai memar kan (bisa pakai bisa tidak) & 1 daun jeruk
-1 cm laos/lengkuas  muda memarkan.
-Cabe rawit utk taburan *bisa juga tidak pakai.
-1/2 sdt garam halus
-1 sdt gula
-300 ml santan
-3 sdm minyak utk menumis bumbu.


Caranya:
Tumis bumbu:bawang putih sampai harum lalu masukkan bawang pre yg sudah dipotong2,tomat &a…

Long Macaroni Schotel ala Dapoer Kampoeng

Long macaroni teksturnya disukai anak-anakku karena tebal dan lembut...
cara memasaknya juga mudah sekali,bagi pemula memasak schotel ini pasti jadinya hehehe...
Berikut bahan-bahannya

Bahan:
250 gr Long Macaroni (patahkan jadi tiga,rebus & selama merebus beri mentega 1 sdt & sedikit garam,matang,tiriskan lalu sisihkan)
5 btr telur kocok lepas
400 ml susu
4 sdm tepung campur dgn 4 sdm air
150 gr daging giling (rebus sebentar lalu tiriskan,sisihkan)/ Bisa Diganti Dengan Corned Beef 125 gr
1 kotak kaldu blok (optional)
1/4 sdt merica
2 bawang bombay iris tipis
100 gr keju,diparut

Caranya:
Susu dicampur dengan tepung yang sudah ditambah air lalu masukkan pada telur,masukkan daging atau corned,kaldu blok yg sudah dinacurkan + merica...aduk rata bersama macaroni yang sudah direbus.
Olesi loyang/pinggan tahan panas dengan mentega lalu tuang adonan..taburi bawang bombay beserta keju parut.
Panggang(oven)selama 15-20 menit di api kecil.

Setelah matang sajikan dengan saos tomat dan may…

nowaR alias Rawon ala Dapoer Kampoeng

Lama ya kita gak ke Bu Kaji (warung Rawon di Blimbing Malang),gitu kata suamiku.Artinya dia pengen maem rawon..hehehe,akhirnya aku masak rawon juga.

Bahan:
· 500 gram daging sapi yang agak berlemak
· 2 lembar daun salam
· 4 lembar daun jeruk
· 1 batang serai, dimemarkan
· 2 cm lengkuas/laos, dimemarkan
· Garam dan merica secukupnya
· 6 gelas air

Bumbu yang dihaluskan:
· 8 butir bawang merah
· 3 siung bawang putih
· 4 butir kemiri
· 3 buah kluwek, diambil isinya,beri 4 sdm air panas
· 2 buah cabai merah

Seduh sedikit asam jawa dgn 2 sdm air panas 


Cara Membuat:
· Potong besar daging,rebus terlebih dahulu dgn 1,5 lt air(sampai susut menjadi 1 lt)sampai empuk,kalau pakai presto..presto selama 10-15 menit.Sisihkan.
· Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum bersama serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
. Masukkan bumbu & seduhan air asam jawa yg sudah ditumis ke rebusan daging tadi.Masak dgn api kecil 20 menit

Saji…

Brokus Keju (Resep asli Nia Kurniasih)

"Brownies" Kukus Keju Radin Cake...Tengkiyu Mbak Nia. Cuma olahan saya kali ini polos tanpa topping apapun,dan saya menggunakan margarine(jd agak prull dan serat tidak sehalus jika pakai Butter)
Source : Nia Kurniasih radin cake Bahan A 2 butir kuning telur 2 butir telur utuh 100 gram gula pasir cuma punya saya kali ini pakai gula 80gram 1/2 sdt vanilla extract 1/2 sdm emulsifier 1/2 sdt garam
Bahan B - aduk rata 75 gram tepung terigu protein sedang 25 gram susu bubuk2 20 gram maizena 1/2 sdt baking powder
Bahan C - lelehkan 25 gram butter (olahan saya kali ini pakai margarine) 85 mL minyak sayur
Bahan D 50 gram keju, potong dadu tapi kali ini saya pakai 75 gr keju & saya parut
Olesi loyang dengan minyak dan alasi dengan kertas roti.
Cara: Panaskan kukusan. Kocok Bahan A (kecuali garam) hingga kental berjejak, tambahkan garam, kocok lagi sebentar. Ayakkan Bahan B ke Bahan A. Taburkan Bahan D, lalu aduk rata. Tuangkan Bahan C ke adonan, aduk hingga benar-benar rata. Tuang ke loyang lalu masukkan ke…

Serabi Gurih

Serabi Gurih  *sumber resep sedap sekejap(lupa edisinya)* 

Bahan:
200 gr tepung beras
20 gr tepung terigu
1 btr telur
1 sdt fermipan atau ragi instan
1/2 sdt garam halus
30 gr gula pasir
500 ml santan
Cara:
Aduk semua bahan sampai rata biarkan 15 menit,
ambil 1 centong adonan,tuang ke wajan cekung dan tutup rapat
3-5 menit masak di api kecil
wes rek wes jadi

Bahan kuah:
masak 500ml santan,1/2 sendok teh garam dan gula merah sesuai selera.

Kroket kentang keju alias Kroket Cinta

Kroket ini kami sebut kroket cinta soalnya gara-gara kroket ini aku ditaksir Papanya Daffa & Menara...uhui.

Bahan: Kulit Kroket: 1 Kg kentang (kupas,goreng & haluskan) 30 gr susu bubuk 1/4 sdt garam 1 sdt pala bubuk atau pala diparut (pokoknya halus aja) 1 btr telur  3 sdm tepung terigu
Cara membuat Kulit : Setelah kentang dikupas,digoreng dan dihaluskan campur dgn telur lalu susu+tepung yg sudah dicampur & diayak,masukkan pala bubuk & garam.Sisihkan *Kentang sebaiknya digoreng jangan dikukus,karena kalo dikukus jad lengket dan sulit dibentuk.
Bahan Isian: 3 batang wortel sedang iris dadu 4 btg buncis iris tipis 2 batang daun pre iris halus 1 buah dada ayam rebus dulu lalu iris kecil/suwir halus 1 bawang putih iris halus 2 bawang merah iris halus 1/4 sdt garam 1/4 sdt merica gula secukupnya 100 gr keju cheddar iris kotak panjang 3 sdm minyak utk menumis. air 50ml 1 sdm susu
Cara Membuat Isian: Tumis bawang putih,bawang merah & bawang pre setelah itu masukkan wortel,buncis lalu ayam masukkan …

Brownies Kukus Corned

Brownies Kukus Corned

Resep sama dengan brokus ala Mb Nia Kurniasih cuma kejunya saya ganti dgn corned ^_*

Bahan A
2 butir kuning telur
2 butir putih telur
75 gr gula pasir
1 sdt vanila
1 sdm emulsifer

Bahan B
75 gr tepung protein sedang
25 gr susu bubuk
20 gr maizena
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam

Bahan C
75 gr corned beef

Bahan D
25 gr butter (lelehkan)
85 ml minyak sayur

Kocok Bahan A sampai pucat mengembang,masukkan Bahan B yg sudah dicampur dan ayak,masukkan Bahan C aduk rata,masukkan Bahan D adul rata masukkan dlm loyang yg telah diolesi mentega dan ditaburi tepung,masukkan dlam kukusan yg telah dipanaskan terlebih dahulu.Kukus dlm waktu 40 menit.

Foto hasil praktek saya memakai 2 resep sekaligus karena loyang yg saya punya cukup besar.
Selamat mencoba :)