Monday, November 28, 2011

Tumis Kerang Pedas Manis

Kerang merah kupas ini yang tersisa di Mbak Sayur kemaren pagi, aku nekad aja masak tumis kerang meski pernah trauma anyir amisnya itu lho.


Tapi begitu aku olah dengan paduan kecap ikan, aroma amisnya hilang.


Tumis Kerang merah Pedas Manis Resep ala Mbhita
Berikut resepnya : pengolahannya mudah tumis semua bumbu lalu masukkan kerang lalu kecap manis & kecap ikan ya ini bahan & bumbunya :


6 Siung Bawang putih, memarkan lalu iris halus
2 buah Daun Bawang. iris tipis
5 buah Cabe Merah, iris menyerong tipis
5 buah Cabe Rawit, iris tipis
1 buah Tomat, iris kasar
5 Sdm Kecap Manis
3 Sdm Kecap Asin
2 Sdm Kecap ikan
Garam & Gula sesuai selera

Friday, November 25, 2011

Tahu Cambah alias Tahu Taoge kuah kecap

Masakan sederhana ini segar rasanya dan menggugah selera, cocok di segala cuaca dan paling cocok di tanggal tua hehehe

Segernya Tahu Cambah uhui
Bahan :
5 potong Tahu sedang, potong dadu, goreng setengah matang, tiriskan, sisihkan.
200 gr taoge segar
1 buah Tomat , iris jadi 7
1 buah Cabe Merah besar, iris serong
1 batang Daun Bawang (Bawang Pre) iris tipis
4 siung Bawang Putih, iris tipis
5 buah Bawang Merah, iris tipis
4 sdm Minyak goreng utk menumis
6 sdm Kecap manis
1 sdm gula
1 sdt garam
400 ml air

Tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan bawang merah, daun bawang, potongan cabe merah dan tomat serta taoge dan kecap, biarkan taoge keluar air lalu masukkan tahu setengah matang (yg sudah dipotong dadu) lalu masukkan air, masak di api kecil sampai taoge layu.
Hidangkan dengan nasi putih hangat dan tempe goreng.

Monday, November 21, 2011

Sambel Goreng Manisa atau Sambal Goreng Labu Siam

Sambel Goreng Manisa tanpa petai *_*
Masakan ini bisa disajikan dengan lontong bertabur koyah kedelai  aduhhh enaknya.


Bahan :

2 buah Labu siam, kupas, iris seperti korek api lalu beri garam dan remas2 sampai lemas, sisihkan
250 gr Udang, kupas lalu cuci bersih, sisihkan
1 papan tempe, iris kotak, sisihkan
500 santan ==> 250 ml santan kental dicampur dgn 250 ml air matang
4 sdm Minyak goreng


Bumbu : kalau aku aku haluskan atau uleg tapi monggo kalau diiris utk praktisnya
4 buah Cabe merah besar
8 butir Bawang Merah
5 siung Bawang Putih
1 sdt garam
1 sdm gula

Tumis bumbu sampai harum lalu masukan udang masak sampai udang berubah warna, masukkan labu siam dan tempe lalu aduk rata kemudian masukan santan, masak di api kecil sesekali diaduk.
Setelah bumbu meresap ke tempe, angkat.
Hidangkan dengan nasi hangat plus krupuk


Bumbu lain yang diperlukan : (tidak perlu dihaluskan)
3 lembar daun jeruk
1 batang Serai, memarkan
3 lembar daun Salam
3 cm Laos, memarkan







Saturday, November 19, 2011

Ayam Suwir Pedas Manis ala Mbhita

Anak-anak dan suami suka sama masakan ini, membuatnya bagiku gak ribet meski bumbunya harus dihaluskan secara manual alias nguleg ^_^

Berikut Resepnya

Ayam Suwir Pedas Manis ala Mbhita (asli bikin nasi sebakul kurang)
Bahan 1 (direbus dulu) :
500 gr dada ayam
500 ml air utk merebus ayam
1 batang serai memarkan
2 lembar daun salam
3 lembar daun jaruk
Rebus ayam hingga matang lalu suwir-suwir, sisihkan.

Bahan 2 (bumbu) : haluskan
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
7 buah cabe merah besar
2 buah cabe rawit
2 sdm gula
1 sdt garam
1 ruas Lengkuas memarkan
2 lembardaun salam
3 lembar daun jeruk


4 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus
2 sdm air asam jawa


Tumis Bumbu sampai harum lalu masukkan air kaldu hasil rebusan ayam tadi
100 ml, lalu masukkan daging ayam yang sudah disuwir-suwir lalu ratakan masukkan air asam, masak di api kecil sampai air susut.


Hidangkan dengan nasi hangat.

Friday, November 18, 2011

Mie pendamping Nasi Rames

Mie ini jadi favorit anak-anak, lumayan banyak sayurnya  ^_^  dan ini salah satu strategi ibunya agar si kecil mau sayur hihihihihi *tertawa nenek sihir*
Resep mie ini aku dapat dari warung kecil depan toko klontong dekat rumah kami, pemilik warung yg mana juga tukang masaknya ini dengan baik hati mau ngajari aku masak termasuk cerita ttg pengalaman hidupnya, mulai dari jadi Pembantu Rumah Tangga lalu jadi Pengasuh Bayi sampai akhirnya jadi Pembantu di warung laris lalu dia memutuskan untuk usaha mandiri.

Mie yg ada di nasi rames aku dapat resep dari Mbak Mungil
Bahan :

Satu Bungkus Mie Telor, Rendam dengan air dingin, biarkan sampai tidak kaku lagi
100 gr Kol/Kubis, iris tipis, sisihkan
100 gr Wortel, iris korek api
100 gr sawi hijau, iris biasa

3 sdm minyak goreng utk menumis



Bumbu : (Iris semua)
6 siung bawang putih, memarkan lalu iris halus
3 batang bawang pre, iris tipis
1 sdt merica halus
5 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
2 sdm saos tiram
1 sdt gula
1/2 sdt garam
*monggo kalau ditambahkan kaldu bubuk*


Tumis bumbu sampai harum lalu masakkan bahan kecap lalu masukkan bumbu pendukung lainnya(garam gula merica) lalu masukkan wortel dan sayur lainnya, tutup, begitu keluar air masukkan mie telor yg sudah ditiriskan.
aduk rata.

Thursday, November 17, 2011

Sayur Lodeh Nangka muda alias Lodeh Tewel

Lodeh Tewel, resep andalan ibu mertuaku.
Lodeh hari ini berisi tewel alias nangka muda, kacang panjang, & tempe
Yang membuatnya lezat adalah aku pakai RESEP IBU MERTUA-ku yg emang jagoan pol master of masakan bersantan :) halo-halo Ibu, apa kabar...

Rebus dulu nangka muda sampai lunak, lalu tiriskan, air jangan dibuang nanti tuangkan ke bumbu yg sudah digongso lalu tambahkan santan.

Berikut Bumbunya  :
*diuleg halus ya kalau mau diblender silahkan pakai minyak goreng jangan air (jangan lupa digongso dulu ya)*
 
10 butir bawang merah
5 butir bawang putih
1 sdm ketumbar
2 buah Cabe Merah
Lengkuas secukupnya
Kencur
garam & gula sesuai selera

Tambahan : 4 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 2 buah cabe merah iris serong
Catatan : boleh ditambahkan daging rawonan 100 gr aja, atau kaki ayam buat pemanis kaldu

Wednesday, November 16, 2011

Agar-agar Karang

Aku dapat hadiah buku resep dari sahabatku *_*  senangnya judul Bukunya : Kue-kue Indonesia Oleh Yasa Boga

Hari ini panas sekali cuacanya, aku bikinkan anak-anak pudding jawa yang terkenal dengan nama Agar-agar Karang 

Berikut Resepnya :

Agar-agar Karang by Mbhita sumber resep Yasa Boga
Bahan:
-.1 bks Agar-agar bubuk warna putih
-.700 ml santan kental dari 1 1/2 btr kelapa ===> aku pakai 180ml santan cair aku campur dengan air matang sampai ukurannya 700ml
-.200 gr gula merah, sisir halus
-.1/4 sdt garam
-.3 butir telur, kocok sampai berbuih
-.4 lbr daun pandan, potong-potong
-.10 lbr daun jeruk purut
-.50 ml air


Rebus hingga mendidih air 50 ml dengan pandan dan daun jeruk, setelah mendidih, dinginkan dan sisihkan
Larutkan agar-agar bersama santan lalu aduk rata dgn garam dan gula merah, didihkan sambil diaduk & masukan air jeruk pandan tadi aduk sampai hangat lalu masukkan satu sendok adonan agar-agar ke kocokan telur lalu masukkan lagi ke dalam adonan agar-agar, aduk terus sampai matang.
Tuang dalam cetakan yang sudah dibasahi dengan air matang agar mudah melepasnya nanti.
Dinginkan
Sajikan.
 

Monday, November 14, 2011

Ayam Panggang Laris Manis

Beginilah kalau kami ada kesempatan nonton bareng acara TV 
Sore kemaren nonton acara Bedah Warung di Indosiar Tv, Chef-nya lagi ngajarin Ibu yang punya warung dgn menu Ayam Panggang Laris Manis Oles Madu.
Ini hasil praktek resep Ayam Panggang Oles Madu by Mbhita


 Bahan-bahan :
- Paha ayam
- Jeruk
- Madu
- Mentega
- Jahe
- Selada
- Bawang bombay
- Daun bawang
- Lemon
- Tomat
- Merica
- Garam
- Gula pasir
- Bawang putih
- Jeruk nipis
- Santan
- Cabe
- Kecap asin
- Wortel

Cara membuat :
- Potong ayam taburi dengan garam, merica, bawang putih lalu rebus
- Masukkan jeruk yang sudah dipotong
- Taruh di dalam mangkuk : bawang putih, jeruk sari, kulit lemon, lemon, gula pasir, jeruk nipis, jahe, merica, garam, kecap asin, air. Aduk rata, masukkan ayam. Biarkan 5 – 10 menit hingga bumbu meresap
- Potong bawang bombay tipis-tipis, masukkan ke dalam mangkuk
- Olesi panggangan dengan mentega
- Olesi ayam dengan mentega lalu taruh di panggangan
- Bakar ayam, oleskan mentega
- Masukkan ayam ke dalam mangkuk bumbu
- Masukkan ayam ke alat panggangan taburi dengan bumbu jahe, bawang, cabe
- Oleskan mentega
- Siapkan garnish : selada, wortel, ayam, cabe, wortel, tomat, jeruk
- Bentuk nasi menjadi bundar-bundar
- Taburkan daun bawang, madu dan merica



Resepnya aku lihat di sini : Resep Bedah Warung Episode 9

Wednesday, November 9, 2011

Mie Djawa MbokDhe Hita

SHujan yang sambung menyambung membuat hawa jadi mendukung untuk lapar... berikut ini sarapan kami tadi pagi karena ketika aku ke pasar ketemu mie basah  :)

mie djawir mbokdhe hita
Bahan :
500 gr Mie basah (cuci sampai 2 kali lalu tiriskan kemudian siram dengan air panas, rendam 5 menit lalu tiriskan, sisihkan)
2 Batang Seledri iris kasar
2 Batang Bawang Daun alias Bawang pre, iris halus
3 Siung bawang putih, peprak lalu iris halus
5 Butir bawang merah, iris halus
1 Buah Tomat, iris kasar
100 gr kol, iris tipis
50 gr Ercis


Pelengkap:
Timun
Cabe Hijau
Bawang goreng
Daun Slada


Taburan :
250 gr daging ayam, cacah halus lalu taburi dgn 1/4 sdt garam dan sedikit merica
1 siung bawang putih iris halus
2 sdm minyak goreng
---->Tumis bawang putih lalu masukkan daging ayam cacah, masak di api kecil sampai berubah warna jadi putih matang lalu setelah matang angkat, bisa diblender supaya halus, tapi aku enggak soalnya gak ada blender hehehe






Thursday, November 3, 2011

Bubur Sumsum

Bubur Sumsum ini salah satu makanan tradisional favorit kami.

Berikut Resep Bubur Sumsum ala Mbhita :

Bubur Sumsum ala Mbhita
Bahan Bubur :
75 gr Tepung Beras
1 Sdt garam
750 ml Santan

Aduk rata semua bahan, lalu saring sambil ratakan.
Masak di api sedang sambil diaduk sampai adonan meletup-letup
Sisihkan, biarkan dingin

Bahan Kinca :
200 gr Gula Aren, sisir
2 lembar daun pandan, simpul
350 ml air 

Campur semua bahan, masak di api sedang sesekali aduk rata, didihkan. Biarkan dingin.

Sajikan bersama bubur sumsum...
Hmmm   uhui

Saturday, October 29, 2011

Terang Bulan Mini (Mini Trang Moon) ala Mbhita

Terang bulan mini ini terjadi dengan ilmu kira2 pas enggaknya ya kira-kira akhirnya terjadilah Trang Moon alias Terang Bulan mini ala Mbhita ini :
Trang Bulan Mini ala Mbhita


Bahan :
300 gr tepung segitiga biru
100 gr gula pasir
3 butir kuning telur
 1 sdt mauripan
300 ml santan 
2 sdm Mentega cair

Bahan lain : Mentega utk olesan pan, meses utk taburan
Canpur semua bahan kering lalu masukan telur sambil tuang santan perlahan lalu ratakan setelah rata tuang mentega cair, ratakan.
Istirahatkan adonan selama 15 menit
Cetak di pan dengan takaran sesuai selera (penuh cinta) hihihi

Wednesday, October 26, 2011

Donat Kentang (lagiiiii) ala Mbhita

Menara begitu jatuh hati pada Donat Kentang buatan Mamanya ini (uhuiiiii) beberapa resep ttg donat kentang yang aku buat selalu pakai Fermipan, jadi ngerjakannya harus cepat berpacu agar adonan tidak terasa asam, akhirnya dapat info dari Djeng Widya yg cerita tentang pembuatan Roti Bun buat Burger menjelaskan tentang Mauripan jadi aku ganti Fermipan pakai Mauripan yang tidak membuat adonan terasa asam kalau agak lama mengerjakannya (maklum aku kan harus gantian mengerjakan pembuatan kue ini sambil mencuci pekakas dapur yang sudah terpakai akibat memasak hehehe alias korah-korah, maklum kami memang tidak punya pembantu rumah tangga.
Benar juga lho Donat kentang semakin terasa enak kalau pakai Mauripan
Berikut Resepnya yaaa....
Donat Kentang ala Mbhita


Bahan :
500 gr Tepung Protein Tinggi
500 gr Kentang Kukus (haluskan)
2 butir Kuning Telur
80 gr Mentega putih cairkan (boleh pakai mentega biasa koq)
80 gr gula pasir
125 ml Air Es
15 gr Mauripan
20 gr susu bubuk

1 Liter Minyak untuk menggoreng
250 gr gula donat untuk taburan.


Campur semua bahan kering lalu lubangi tengahnya lalu tuang kuning telur ratakan bersama kentang halus lalu tuang air es pelan-pelan sambil ratakan terakhir masukkan mentega cair, uleni sampai kalis. 
Istirahatkan adonan selama kurang lebih 15 menit.
Kempiskan adonan lalu ratakan kemudian cetak dgn donat cutter, biarkan 10 menit lalu masukkan dalam wajan dengan minyak yang mulai panas, goreng di api kecil.
Empukkkkk banget donatnya lhoooo apalagi setelah panasnya hilang ditaburi gula donat yang mak nyeess itu hmmm...
Menara maem cuma habis 6 saja begitu donatnya mateng...benar-benar dia jatuh cinta pada Donat Kentang buatan ibunya  *narsis membahayakan*

Thursday, October 20, 2011

Sate Komoh

Berikut ini Sate Komoh ala MamaHita  ;-) 

Bahan :
500 gr Daging has dalam (aku pakai ini soalnya Menara biar gampang maemnya)---> potong dadu
300 ml Santan kental
300 ml Santan encer
*didapat dari 1/2 butir kelapa parut*
12 Tusukan Sate

Sate Komoh ala Mbhita
Bumbu Yang Dihaluskan
2 lembar Daun Jeruk
1 lembar Daun Salam
1 ruas Serai (memarkan)
2 cm jahe
2 cm laos
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt jintan
5 Buah Cabe
8 Butir Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
1 Sdm Gula Jawa
1 sdt Garam


Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu masukkan potongan daging aduk sampai daging mengeluarkan air baru tuang santan encer masak dia api sedang biarkan sampai santan meresap lalu tuang dengan santan kental masak di api kecil, biarkan sampai santan mengental. Angkat
Biarkan dingin lalu tusuk daging seperti sate.
Dibakar sebentar juga nambah harumnya aroma Sate Komoh ini, enggak juga gak apa-apa.
Sajikan dengan nasi hangat
1 resep ini jadi 12 tusuk dengan rangkaian 4 potongan daging

Urap-urap Rumput Laut

Eyang depan rumah bagi-bagi oleh-oleh Rumput Laut untuk diurap :') 
Segarnya rumput laut ini (maaf aku gak tau nama jenisnya) cuma dicuci sampai 4 kali lalu terakhir dibilas dgn air matang dingin  :')
Segar banget lho, krius-krius dan sehat
Urap-Urap Rumput Laut Segar
Bumbu Urap : 
5 butir Bawang Merah
2 siung Bawang Putih
1 Sdm Gula Jawa
1 ruas Kencur
5 Buah Cabe Merah Besar
1 sdt Terasi Bakar
garam sedikit saja
 Haluskan semua bumbu lalu campur dengan 1/2 butir kelapa parut, ratakan, alasi kukusan dengan daun pisang, kukus 20 menit.

 
 

Monday, October 17, 2011

Donat Kentang Empuk ala Mbhita

Menara siang tadi sudah mengangankan bakalan ada Donat Kentang sore nanti... dia selalu membisikkan kalau dia minta donat..ya sudahlah aku harus memaksimalkan yang ada di dapur dan malah dapat takaran yang pas, donat kentangnya pas dingin gak keras lho...

Ini resepnya :

Bahan-bahan :
Donat Kentang Empuk ala Mbhita
500 gr Tepung berprotein tinggi (aku pakai cakra)
500 gr kentang kukus (kupas dan haluskan)
2 Kuning telur
20 gr Susu Bubuk
11 gr Fermipan
80 gr Gula
75 Mentega putih (cairkan)
125 ml Air matang

1 Liter Minyak untuk menggoreng
250 gr Gula Donat

Caranya :
Campur semua bahan kering, bentuk lubang tengahnya lalu masukkan 2 kuning telur ratakan searah lalu tuang kentang halus uleni sambil tuang air matang perlahan lalu masukkan mentega yang sudah dicairkan. Diamkan 20 menit, setelah mengembang bentuk ratakan lalu potong dengan donut cutter, diamkan 10 menit sembari menunggu minyak hangat, lalu goreng di api sedang - kecil, begitu matang tunggu hangat suam-suam kuku, baru taburi dengan gula donat atau gula halus dengan saringan. Sajikan  :-)  Menara dengan sabar menghabiskan 3 donat lalu mandi sore sambung lagi 3 donat lagi, jadi total Menara habis 6 donat saja.

Sunday, October 16, 2011

Osik Daging

Masakan khas Madura fav-ku adalah Osik Daging, maklum aku kan keturunan Madura 18% dari Papaku.

Masakan khas Madura yg jadi Fav suamiku
Berikut bahan dan cara pengolahannya.

Bajan-bahan :
750 gr Daging Sapi Has dalam, iris melawan serat dan tipis2 aja seperti mengiris daging untuk semur.
800 ml Santan
2 buaj kentang sedang, kupas iris memanjang tapi yang agak lebar.
3 sdm minyak utk menumis bumbu

Haluskan Bumbu-bumbu berikut :
10 Butir Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
2 Buah Cabai Merah Besar
1 Sdm Ketumbar
1/2 Sdt Jintan
1/2 sdt Merica
2 cm Jahe
2 cm Kunyit
2 cm Kencur

Tambahkan dalam kuah ketika sudah mendidih:
1 Lembar Daun Salam
2 Lembar Daun Jeruk

Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan daging yang sudah diiris, aduk sampai daging mengeluarkan air lalu masukkan santan, didihkan lalu masukkan kentang dan daun salam juga daun jeruk, lalu masak di api kecil sampai kuah menyusut dan meresap, baru tambahkan garam dan gula sesuai selera.
Kalau suka pedas tambahkan cabai rawit utuh.

Churros with Cinnamon Sugar

Churros alias sus goreng ini kue favorit Daffa dan adiknya.

Berikut bahan-bahan yang aku pakai :

200 ml air
1/2 sdt garam
75 gr mentega
1 butir telor ayam
125 gr tepung serba guna
Churros-ku langsing-langsing
500 ml Minyak untuk menggoreng

 Taburannya :
10 gr Bubuk Kayu Manis campur dengan 30 gr gula pasir


Caranya;
Jerang air dan mentega di api kecil begitu mendidih tuangkan tepung, aduk sampai kalis, angkat, lalu masukkan telur dan aduk cepat sampai merata.
Masukkan adonan dalam kantung piping bag yg sudah dipasang spuit (yang aku pakai spuit kecil jadinya churros-ku langsing2) lalu cetak sampai adonan habis, jangan lupa panaskan minyak. lalu goreng adonan, setelah matang biarkan hangat baru taburi dengan kayu manis bubuk yang sudah dicampur dengan gula pasir.

Heci Ayam buatan Mbhita

Kangen berat Heci Ayam di depan Wa-ind Blimbing jadinya aku bikin, rasanya berbeda kata Daffa, batinku berkata yo jelas enakan Heci Ayam Blimbing ya, tapi ora opo-opo nggo tombo kangen aja.
Berikut resepnya dapat dari Kompas  :

Bahan-bahan :
Bahan I :
a.125 gr kedelai (rendam 10 jam)
b.25 gr bawang putih
c.1 butir telor ayam
d.250 gr tepung beras
e.garam secukupnya
f.kaldu blok
g.gula 30 gr 
h.Air 300 ml
i.Santan encer 300 ml
j.Minyak utk menggoreng : 1 Liter

Untuk Isi :
Bahan II
a.250 gr daging ayam giling
b.125 gr irisan daun bawang
c. 25 gr jamur kuping
d.garam secukupnya
e.gula
f.kecap manis 4 sdm
g.kecap asin 2 sdm
h.kecap ikan 1 sdm
Heci Ayam
i.saos tiram 1 sdm


Cara : 
Blender semua bahan I(kecuali tepung beras) sampai halus setelah itu baru masukkan tepung beras, aduk rata, sisihkan.
Untuk Bahan II : Tumis sampai warna daging ayam merata dan matang.


Taruh adonan di sendok sayur lalu beri isian lalu masukkan ke minyak yg sudah panas merata, sampai adonan lepas dari sendok sayur.
Tips agar adonan tidak lengket pd sendok sayur : Panaskan sendok sayur bersamaan dengan memanaskan minyak.

Tuesday, September 27, 2011

Soto Daging Kuah Bening

Ada yang kangen Soto Rampal, mana bisa aku bikin soto hebat kayak gitu, gemes banget :D terus ada yang bilang Soto Daging Bu Kusman, akhirnya aku nemu resep Soto Daging Kuah Bening di blognya Ibu Ine yg pemurah hati ini.(klik situ ya untuk lihat resepnya), terima kasih ya Ibu Ine.

Aku siapkan bahan yang sesuai anjuran beliau di paparan resepnya itu, menyiangi taugo itu yang benar-benar melatih kesabaran hihihi
Berikut penampakannya (hasil masak tantangan hari ini) :
Kata Daffa sih rasanya mirip sama Soto Bu Kusman Dinoyo ;)

Sunday, September 25, 2011

Pudding Roti Panas alias Prol Roti

Ini kue favorit Menara, bisa di oven bisa juga di kukus.

permukaannya lembut lho
Bahannya :
10 Lembar Roti tawar sobek kasar
80 gr Gula Pasir
2 Butir Telur
250 ml Susu tawar
2 Sdm Mentega, lelehkan
30 ml minyak goreng
75 gr keju parut
2 sdt Tepung Maizena

Aduk semua bahan, sebelumnya kocok telur dan gula lalu campur dengan susu, masukkan minyak goreng, ratakan dengan sobekan roti, olesi loyang dengan mentega lalu tuang adonan ke loyang, Oven selama 20 menit

Saturday, September 24, 2011

Bali Kering Tahu Tempe Telor Daging

Masakan ini masakan favoritku, maklum mas honey gak begitu suka jadi aku aja yg maem ditemeni mas daffa  :D


Penampakannya kurang cantik tapi uenak lho hihihi
Berikut bumbu yg aku pakai :  
haluskan :
10 buah Bawang Merah
5 siung Bawang putih
5 Buah Cabe Merah Besar
2 cm Jahe
2 buah Cabe rawit
Garam & gula sesuai selera
memarkan 1 batang serai


Bumbu tambahan : kecap 2 sdm.


Tumis bumbu sampai harum lalu masukkan kecap, tambahkan air 10 ml lalu masukkan daging rebus yg sudah diiris, tahu tempe yg sudah digoreng, tambahkan telur yang sudah direbus dan digoreng. Masak di api kecil tambahkan air asam 2 sdm lalu masak sampai air meresap atau tersisa sedikit, sesuaikan rasanya tambahkan garam dan gula sesuai selera.

Friday, September 23, 2011

Lapis Daging ala Mbhita

Lapis daging ini salah satu masakan favorit suamiku, kalau aku masak ini dia pasti hepiii banget hihihihi.

Berikut Bahan dan Bumbunya.

-. Daging sapi has dalam 500 gr, cuci bersih, lalu rendam dengan nanas yang sudah diparut, diamkan 45 menit.
-. Kecap
-. 2 butir telur kocok lepas
-. 1 buah Tomat segar 
-. 4 sdm minyak utk menumis bumbu
-. 500 ml air
-. 4 buah kentang, kupas lalu iris panjang
-. Kecap 30 ml

Bumbu : Haluskan ya :

-. 10 Butir Bawang Merah
-. 4 siung Bawang putih
-. Merica sesuai selera
-. 1 buah Cabe Merah besar
garam & gula sesuaikan.
 
Cuci bersih daging, iris tipis melintang, lalu tumis bumbu halus sampai harum
lalu masukkan daging dan kecap juga tomat. Tunggu sampai daging mengeluarkan air lalu masukkan kentang, lalu masukkan air, tunggu sampai mendidih baru masukkan kocokan telur sambil diaduk.
masak di api kecil kurang lebih 15 menit.

Catatan : nanas yang sudah diparut itu berfungsi melembutkan dan melunakkan daging   



Wednesday, September 21, 2011

Soes Vla

Soes Vla adalah kue favorit Menara dan Daffa, kalau Mas Honey sih orangnya sabaaarrr dan mau menerima kalau ada Soes Vla hihihi
Berikut Resepnya aku dapat dari Pak Yongki Gunawan di detikfood.


Bahan Kulit Soes :
200 gr mentega
400 ml air
225 gr tepung 
6 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili


Soes Vla favorit anak-anak dan suamiku  ;-)


Bahan Vla : (ala Mbhita  ;-)  )
500 ml Susu UHT tawar
100 gr gula
6 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
1 sdm mentega
2 kuning telur





Sunday, September 18, 2011

Pastel isi Rougut Ayam

karena aku gak punya gilasan adonan, jadinya pastelku kayak gini.
Tapi laku keras klarena tamu & tuan rumahnya sukaaa hihihi.
Pastel goreng ini terjadi akibat sisa rougut ayam isian kroket kemaren masih sisa, jadinya ini lah yang terjadi, pastel goreng nekad ala Mbhita.
Berikut resep kulitnya (mungkin bisa jd renyah kalau pakai penggilas adonan yg biasa dipakai kalau bikin mollen itu lho)

200 gr tepung protein sedang
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
10 gr gula halus
1 butir telur
50 gr margarine
25 ml air es

Uleni hingga kalis, biarkan selama 20 menit, lalu pipihkan sesuai selera lalu isi dgn rougut ayam dan irisan telor rebus, lalu tutup dan pilin rapi lalu goreng di minyak panas dgn api kecil.
1 resep ini bisa jadi 12 buah, sore tadi aku bikin 2 resep  :D
Untuk resep Rougut ayam bisa diambil di sini di bagian resep untuk isian

Friday, September 16, 2011

Kroket lagi ^_^

Ini penampakan kroket kentang isi rougut ayam untuk promo pembukaan pesanan kue rumahan olahan Mama Hita
Kroket Kentang Isi Rougut Ayam ala Mbhita edisi bulan ini
Resep ada di Kroket ala Mbhita.


1 resep bisa jadi 18 Kroket Kentang Isi Rougut Ayam. 
Resep kali ini tanpa keju, jadi rasanya asli.

Tuesday, September 13, 2011

Pepes Ikan Mas ala Mbhita

Pepes ikan mas itu mudah membuatnya dan hasil akhirnya jelas menawan karena bisa menghabiskan nasi hangat :) 
Pepes Ikan Mas.
Resep rahasianya adalah perut ikan mas yg sudah dibersihkan & diperciki air jeruk nipis itu diisi dengan daun kemangi.


Berikut bumbu yg dihaluskan :
 10 btr Bawang Merah,
 8 siung Bawang putih,
 10 biji Cabai Merah Keriting,
 5 butir kemiri,
 1 ruas kunyit,
 2 cm lengkuas,
 1 batang serai memarkan,
 1 sdt garam & 1 Sdm gula.
 Sisanya iris kasar 2 Tomat.

Setelah dioles bumbu dan ditaburi daun kemangi, irisan tomat lalu bungkus dgn daun pisang, sematkan lidi kukus 30 menit. *bumbu ini bisa berlaku utk membuat pepes ikan tongkol(kalau ikan tongkol ditambahi daun jeruk), udang dan cumi*


Catatan : Bumbu di resep saya ini cukup untuk 2 ekor ikan mas sedang

Saturday, September 3, 2011

Cheddar Cake ala Mbhita

Terinspirasi dari Cakefever.com di resep Cheddar Cheese Cake-nya(makasih ya Mbak Ferona) maka aku harus memaksimalkan yang ada di dapur mungilku,


 berikut resep Cheddar Cheese Cake ala Mbhita :


Bahan 1 : (larutkan di atas api kecil)
Susu Cair Plain UHT 250 ml
180 Cheddar Keju Parut
100 gr Butter Unsalted

Bahan 2 :
kocok semua bahan sampai lembut pucat :
100 gr gula pasir
4 Butir Telor (semua, putih & kuning)
1 sdm Ovalet

Bahan 3 :
100 gr tepung segitiga
40 ml minyak sayur

Kocok bahan 2 lalu masukkan bahan 1 yg sudah dilelehkan di api kecil lalu masukan bahan 3 sambil aduk rata.
Olesi loyang dgn minyak sayur lalu alasi dgn kertas roti, olesi lagi dgn minyak sayur, tuang adonan lalu oven dgn cara au bain marine dgn suhu 150 C selama 50 menit (kurleb)
Rasanya ngejuuuu banget
Permukaan sampai dasarnya lembut banget, lebih enak dikonsumsi pas sudah didinginkan.

Terimakasih buat CakeFever di resep ini 

Monday, May 30, 2011

Dadar Jagung Enak & Gampang Bikinnya

Dadar Jagung ini favorit keluarga, gampang bikinnya dan bumbunya cuma diiris semua, anti ngulek kayak Dadar Jagung kuno yg aku kenal hehehe.
gak harus ada udang di balik DarJag kan ???
Praktis banget koq.

Berikut bahan & bumbu yang dibutuhkan :
3 Buah Jagung Manis (sisir sampai 3 kali atau iris sampai dasar)
3 Batang Daun Bawang yg gendut2 itu, iris halus
1 Batang Seledri iris halus
3 Siung Bawang putih iris halus
200 gr Tepung terigu
50 ml air matang (tambahi kalau terlalu kental)
1 Sdt Garam
1 Sdm Gula
kalau mau pakai penyedap silahkan ditambahkan.

Aduk rata semua, biarkan 10 menit.
Panaskan minyak dgn api sedang, lalu masukkan adonan @ satu sendok 
Foto yang saya pakai ini akibat Mbak Sayur bawa udang kecil-kecil dan saya males ngupasnya jadi cuma kepalanya aja dibuang lalu saya taruh di atas adonan lalu goreng....
Gampang kan

Saturday, May 28, 2011

Balado Kentang, Teri & Petai

Resep dasar Sambal Baladonya aku dapat dari Ibunda mertuaku yaitu Resep Balado Terong cuma isiannya kali ini aku ganti dgn Kentang (digoreng dulu pastinya), Teri (juga digoreng dulu) dan Petai.

Resep Dasar Sambal Balado ( haluskan semua ya ) :


10 Butir Bawang Merah
2 Siung Bawang Putih
10 Buah Cabe Merah Keriting
8 Buah Cabe Merah
5 cabe rawit (terserah kalau mau pedas)
1 Sdm Gula Merah yg sudah disisir
1/2 Sdt Garam
1 Sdm air asam


Isian (goreng terlebih dahulu) :
3 buah Kentang sedang iris dadu besar, goreng tiriskan.
200 gr Teri, cuci bersih sampai 2 kali lalu goreng, sisihkan.
1 lonjor Petai, kupas cuci bersih lalu masing-masing belah 2.


Cara :
Tumis bumbu yg sudah dihaluskan sampai wangi dan masukkan petai, lalu tuang air 5 sdm lalu tuang kentang biarkan sampai bumbu meresap. Ingat pakai api kecil ya. Setelah itu matikan kemudian ketika hangat baru masukkan teri goreng, aduk rata.


Sajikan dgn nasi hangat  ;-)

Tuesday, May 3, 2011

Tumis Udang Kol

Masakan ini masakan favorit Daffa.
Berikut bahan dan cara pengolahannya.




Bahan & Bumbu yang dibutuhkan untuk membuatnya :
250 Gr Udang, kupas lalu cuci bersih
100 Gr Kol Putih
2 Buah Cabai Merah iris 
1 Buah Bawang Bombay sedang iris tipis
3 Siung Bawang Putih memarkan lalu iris tipis
5 Buah Tomat, iris kasar
1 cm Jahe segar iris tipis
100 ml Air
50 ml Minyak sayur
garam dan Gula serta Merica Bubuk sesuai selera


Tumis bawang putih lalu masukkan bawang bombay tumis sampai layu lalu masukkan udang, sampai udang berubah warna masukkan kol yang sudah diiris halus lalu masukkan air, cabai, tomat, gula, garam dan merica, masak sampai bumbu sedikit meresap.
Angkat, sajikan dengan nasi putih hangat

Sunday, May 1, 2011

Oseng Mercon Meledak ala Mbhita

Tumis daging pedas ini terkenal dengan nama Oseng Mercon.
Berikut ini Bahan & Bumbu untuk membuatnya dan jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat yang cukup banyak karena efeknya luar biasa hahaha


Bahan & Bumbu :
200 gr Daging Sapi Rawonan atau pakai tetelan juga bisa, iris kecil-kecil
5 siung Bawang Putih, iris tipis
10 Btr Bawang Merah, iris tipis
3 Batang Daun Bawang, iris halus
1 buah Toamt, iris kasar
10 buah Cabai Keriting iris kasar
8 buah Cabe Rawit


Tumis semua bumbu lalu masukkan daging aduk sampai daging berubah warna lalu masukkan air 50 ml masak di api kecil sampai air sedikit meresap.
Sajikan dgn nasi hangat.

Saturday, April 30, 2011

Sup Brenbon Bumbu Sederhana Ala Mbhita

Kacang merah segar membuatku memasak Sup Brenbon dengan menghemat waktu dan gas hihihi 
Daffa yang sedang sakit flu jadi gampang pulih, kandungan tomat yang banyak malah membantu Daffa cepat pulih.
Berikut ini penampakan si kacang merah segar :
kacang merah segar


Sup Brenbon bumbu sederhana :
Bahan : 
200 gr daging sapi rawonan, 
250 gr kacang merah segar, 
8 buah tomat belah masing2 jd 2 lalu hilangkan bijinya setelah itu potong kasar, 
8 butir bawang merah iris halus,
 5 siung bawang putih iris halus,
 1 sdm gula merah, 
1 sdt garam, 
1 setengah sdt lada halus & 400 ml air utk merebus semua bahan.
Sup Brenbon Bumbu Sederhana Ala Mbhita

Cara : 
Rebus daging lalu setelah mendidih buang airnya tiriskan. 
Tuangi dgn air matang 400 ml beserta kacang merah dan tomat rebus di api kecil, setelah mendidih masukkan bawang putih & bawang merah beserta garam, gula merah dan lada. 
Didihkan di api kecil 15 menit.
Angkat lalu sajikan hangat, enak dimakan dgn roti tawar 

Friday, April 29, 2011

Sup Makaroni Segar plus Bola-bola Daging

Sup ini favorit anak-anak dan ibunya (soalnya bikinnya mudah banget).


Berikut rincian bahannya :
300 ml air 
8 Sosis kalengan (aku pakai merk chip kali ini)
50 gr Makaroni (rebus dahulu 10-15 menit di atas api kecil beri 1 sdt minyak goreng, setelah matang tiriskan, sisihkan)
50 gr wortel 
1-2 buah kentang, potong dadu
10 butir Bola-bola Daging : 100 gr daging sapi giling dicampur dgn 1/2 sdt garam, sedikit lada halus, aduk rata lalu bulat2 kan masukkan ke air panas dalam panci terpisah, setelah benbentuk bola2 daging yg berubah warna, sisihkan.


Bumbu :
3 siung bawang putih, memarkan lalu iris halus
1 buah bawang bombay, iris tipis
1/2 cm jahe (iris tipis)
1 buah tomat
1 batang daun bawang, iris kasar.
1 sdt garam
sedikit gula
1 sdt lada bubuk
2 sdm minyak untuk menumis bumbu


Tumis semua bumbu sampai harum lalu masukkan dalam panci yg sudah berisi irisan sayur, setelah itu terakhir masukkan irisan daun bawang & tomat.
Sajikan selagi hangat.

Friday, March 18, 2011

Perkedel Kentang

Perkedel kentang ini favorit adik-adikku, sebelum menikah, tugasku di rumah Kamelia (rumah Ortuku) adalah memasak.
Mama pernah mengelolah kebun kentang di Batu (Malang), jadi seringlah kami dapat jatah kentang. Dari stok kentang itu aku berlatih membuat perkedel kentang. Untungnya adik-adikku rela jadi penguji rasa masakanku dan mereka tidak pernah mengeluh alias menerima apa yang aku masak hehehe makasih ya adik-adikku  ;-)


Perkedel kentang tanpa daging bisa jadi enak dengan bumbu sebagai berikut :
Perkedel Kentang Favorit Kamelia & Anak-anakku



Bahan:
500 gr Kentang, cuci & kupas lalu potong2 dan goreng sampai matang, tiriskan, haluskan bersama bumbu-bumbu berikut yg digoreng terlebih dahulu : 8 butir Bawang Merah, 4 siung Bawang putih.
Tambahkan sedikit gula dan garam secukupnya beserta merica 1/2 sdt.


Lalu bentuk bulat. Goreng dgn dilapisi telur kocok.


Kalau pakai daging sapi cukup 100 gr aja dengan ukuran bahan di atas.
Kalau pakai daging ayam, daging ayamnya rebus dulu dengan daun salam lalu suwir2 dan campurkan ke adonan kentang.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...