Tuesday, September 27, 2011

Soto Daging Kuah Bening

Ada yang kangen Soto Rampal, mana bisa aku bikin soto hebat kayak gitu, gemes banget :D terus ada yang bilang Soto Daging Bu Kusman, akhirnya aku nemu resep Soto Daging Kuah Bening di blognya Ibu Ine yg pemurah hati ini.(klik situ ya untuk lihat resepnya), terima kasih ya Ibu Ine.

Aku siapkan bahan yang sesuai anjuran beliau di paparan resepnya itu, menyiangi taugo itu yang benar-benar melatih kesabaran hihihi
Berikut penampakannya (hasil masak tantangan hari ini) :
Kata Daffa sih rasanya mirip sama Soto Bu Kusman Dinoyo ;)

Sunday, September 25, 2011

Pudding Roti Panas alias Prol Roti

Ini kue favorit Menara, bisa di oven bisa juga di kukus.

permukaannya lembut lho
Bahannya :
10 Lembar Roti tawar sobek kasar
80 gr Gula Pasir
2 Butir Telur
250 ml Susu tawar
2 Sdm Mentega, lelehkan
30 ml minyak goreng
75 gr keju parut
2 sdt Tepung Maizena

Aduk semua bahan, sebelumnya kocok telur dan gula lalu campur dengan susu, masukkan minyak goreng, ratakan dengan sobekan roti, olesi loyang dengan mentega lalu tuang adonan ke loyang, Oven selama 20 menit

Saturday, September 24, 2011

Bali Kering Tahu Tempe Telor Daging

Masakan ini masakan favoritku, maklum mas honey gak begitu suka jadi aku aja yg maem ditemeni mas daffa  :D


Penampakannya kurang cantik tapi uenak lho hihihi
Berikut bumbu yg aku pakai :  
haluskan :
10 buah Bawang Merah
5 siung Bawang putih
5 Buah Cabe Merah Besar
2 cm Jahe
2 buah Cabe rawit
Garam & gula sesuai selera
memarkan 1 batang serai


Bumbu tambahan : kecap 2 sdm.


Tumis bumbu sampai harum lalu masukkan kecap, tambahkan air 10 ml lalu masukkan daging rebus yg sudah diiris, tahu tempe yg sudah digoreng, tambahkan telur yang sudah direbus dan digoreng. Masak di api kecil tambahkan air asam 2 sdm lalu masak sampai air meresap atau tersisa sedikit, sesuaikan rasanya tambahkan garam dan gula sesuai selera.

Friday, September 23, 2011

Lapis Daging ala Mbhita

Lapis daging ini salah satu masakan favorit suamiku, kalau aku masak ini dia pasti hepiii banget hihihihi.

Berikut Bahan dan Bumbunya.

-. Daging sapi has dalam 500 gr, cuci bersih, lalu rendam dengan nanas yang sudah diparut, diamkan 45 menit.
-. Kecap
-. 2 butir telur kocok lepas
-. 1 buah Tomat segar 
-. 4 sdm minyak utk menumis bumbu
-. 500 ml air
-. 4 buah kentang, kupas lalu iris panjang
-. Kecap 30 ml

Bumbu : Haluskan ya :

-. 10 Butir Bawang Merah
-. 4 siung Bawang putih
-. Merica sesuai selera
-. 1 buah Cabe Merah besar
garam & gula sesuaikan.
 
Cuci bersih daging, iris tipis melintang, lalu tumis bumbu halus sampai harum
lalu masukkan daging dan kecap juga tomat. Tunggu sampai daging mengeluarkan air lalu masukkan kentang, lalu masukkan air, tunggu sampai mendidih baru masukkan kocokan telur sambil diaduk.
masak di api kecil kurang lebih 15 menit.

Catatan : nanas yang sudah diparut itu berfungsi melembutkan dan melunakkan daging   



Wednesday, September 21, 2011

Soes Vla

Soes Vla adalah kue favorit Menara dan Daffa, kalau Mas Honey sih orangnya sabaaarrr dan mau menerima kalau ada Soes Vla hihihi
Berikut Resepnya aku dapat dari Pak Yongki Gunawan di detikfood.


Bahan Kulit Soes :
200 gr mentega
400 ml air
225 gr tepung 
6 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili


Soes Vla favorit anak-anak dan suamiku  ;-)


Bahan Vla : (ala Mbhita  ;-)  )
500 ml Susu UHT tawar
100 gr gula
6 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
1 sdm mentega
2 kuning telur





Sunday, September 18, 2011

Pastel isi Rougut Ayam

karena aku gak punya gilasan adonan, jadinya pastelku kayak gini.
Tapi laku keras klarena tamu & tuan rumahnya sukaaa hihihi.
Pastel goreng ini terjadi akibat sisa rougut ayam isian kroket kemaren masih sisa, jadinya ini lah yang terjadi, pastel goreng nekad ala Mbhita.
Berikut resep kulitnya (mungkin bisa jd renyah kalau pakai penggilas adonan yg biasa dipakai kalau bikin mollen itu lho)

200 gr tepung protein sedang
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
10 gr gula halus
1 butir telur
50 gr margarine
25 ml air es

Uleni hingga kalis, biarkan selama 20 menit, lalu pipihkan sesuai selera lalu isi dgn rougut ayam dan irisan telor rebus, lalu tutup dan pilin rapi lalu goreng di minyak panas dgn api kecil.
1 resep ini bisa jadi 12 buah, sore tadi aku bikin 2 resep  :D
Untuk resep Rougut ayam bisa diambil di sini di bagian resep untuk isian

Friday, September 16, 2011

Kroket lagi ^_^

Ini penampakan kroket kentang isi rougut ayam untuk promo pembukaan pesanan kue rumahan olahan Mama Hita
Kroket Kentang Isi Rougut Ayam ala Mbhita edisi bulan ini
Resep ada di Kroket ala Mbhita.


1 resep bisa jadi 18 Kroket Kentang Isi Rougut Ayam. 
Resep kali ini tanpa keju, jadi rasanya asli.

Tuesday, September 13, 2011

Pepes Ikan Mas ala Mbhita

Pepes ikan mas itu mudah membuatnya dan hasil akhirnya jelas menawan karena bisa menghabiskan nasi hangat :) 
Pepes Ikan Mas.
Resep rahasianya adalah perut ikan mas yg sudah dibersihkan & diperciki air jeruk nipis itu diisi dengan daun kemangi.


Berikut bumbu yg dihaluskan :
 10 btr Bawang Merah,
 8 siung Bawang putih,
 10 biji Cabai Merah Keriting,
 5 butir kemiri,
 1 ruas kunyit,
 2 cm lengkuas,
 1 batang serai memarkan,
 1 sdt garam & 1 Sdm gula.
 Sisanya iris kasar 2 Tomat.

Setelah dioles bumbu dan ditaburi daun kemangi, irisan tomat lalu bungkus dgn daun pisang, sematkan lidi kukus 30 menit. *bumbu ini bisa berlaku utk membuat pepes ikan tongkol(kalau ikan tongkol ditambahi daun jeruk), udang dan cumi*


Catatan : Bumbu di resep saya ini cukup untuk 2 ekor ikan mas sedang

Saturday, September 3, 2011

Cheddar Cake ala Mbhita

Terinspirasi dari Cakefever.com di resep Cheddar Cheese Cake-nya(makasih ya Mbak Ferona) maka aku harus memaksimalkan yang ada di dapur mungilku,


 berikut resep Cheddar Cheese Cake ala Mbhita :


Bahan 1 : (larutkan di atas api kecil)
Susu Cair Plain UHT 250 ml
180 Cheddar Keju Parut
100 gr Butter Unsalted

Bahan 2 :
kocok semua bahan sampai lembut pucat :
100 gr gula pasir
4 Butir Telor (semua, putih & kuning)
1 sdm Ovalet

Bahan 3 :
100 gr tepung segitiga
40 ml minyak sayur

Kocok bahan 2 lalu masukkan bahan 1 yg sudah dilelehkan di api kecil lalu masukan bahan 3 sambil aduk rata.
Olesi loyang dgn minyak sayur lalu alasi dgn kertas roti, olesi lagi dgn minyak sayur, tuang adonan lalu oven dgn cara au bain marine dgn suhu 150 C selama 50 menit (kurleb)
Rasanya ngejuuuu banget
Permukaan sampai dasarnya lembut banget, lebih enak dikonsumsi pas sudah didinginkan.

Terimakasih buat CakeFever di resep ini 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...