Skip to main content

Bika Ambon Perdanaku, Sumber Resep Primarasa Femina

Buku Seri Memasak Primarasa Femina Seri Hidangan Nusantara : Jajanan Medan menggodaku, dan akhirnya anak-anak ikut lihat dan membaca.
Ini penampakan Buku Resep yg mendidik itu hihihi
Selain fotonya yang bagus, cara-cara atau langkah-langkah memsaknya cukup gamblang membuat aku terbayang-bayang ingin mencoba beberapa resepnya.

Kali ini aku mencoba BIKA AMBON.


 Bahan :
 
~Rasanya Mirip Persis Bika Ambon Medan hahaha~
Adonan Biang :
1 sdm Ragi Instan
60 ml air hangat
1 sdm gula pasir
1 sdm tepung terigu

Adonan Dasar :
2 butir kelapa ambil santannya 400 ml *saya pakai 1 butir kelapa saja utk 400 ml santan
20 lembar daun jeruk *saya pakai cuma 10 lembar karena yg ada cuma 10 lembar hihihi
6 lembar Daun Pandan
2 Batang Serai memarkan
1/2 sdt Garam
250 gr Gula pasir *lain kali kalau mbikin lagi cukup 200 gr saja karena 250 gr ini legit banget
10 Kuning telur  & 150 Tepung Kanji   



Cara :
Buat Adonan Biang dengan cara campur semua bahan aduk rata, biarkan mengembang 15 menit kurang lebihnya, sisihkan *ingat jangan pakai air panas nanti malah membunuh si Ragi

Rebus Santan 400 ml sampai jadi 300 ml bersama daun jeruk, daun pandan dan serai di api kecil sesekali aduk, begitu mendidih sisihkan, biarkan dingin.

Kocok 10 kuning telur bersama gula sampai kental lalu tuang tepung kanji, tepuk2 sambil tuangi santan dan adonan biang.
Biarkan 2 jam

Lalu Panaskan oven, oven selama 40-50 menit.

Oven jangan dikunci, sedikit buka gitu (sedikit lho). Agar pori2nya mengembang sempurna kalau dibantu udara dari luar. 
Wangi Paduan Pandan, Serai & Daun Jeruk, hhmm

Hasilnya warnanya cantik dan tidak perlu tambahan untuk menghasilkan warna kuningnya yang menawan, baunya harum. 

Catatan : kata temen baikku, Nani Indriani (kami satu SD dan satu SMp plus satu kelurahan hehehe) agar hasilnya bagus lain kali pakai Tepung Sagu aja.

Comments

Popular posts from this blog

Sambel Goreng Manisa atau Sambal Goreng Labu Siam

Masakan ini bisa disajikan dengan lontong bertabur koyah kedelai  aduhhh enaknya.


Bahan :

2 buah Labu siam, kupas, iris seperti korek api lalu beri garam dan remas2 sampai lemas, sisihkan
250 gr Udang, kupas lalu cuci bersih, sisihkan
1 papan tempe, iris kotak, sisihkan
500 santan ==> 250 ml santan kental dicampur dgn 250 ml air matang
4 sdm Minyak goreng


Bumbu : kalau aku aku haluskan atau uleg tapi monggo kalau diiris utk praktisnya
4 buah Cabe merah besar
8 butir Bawang Merah
5 siung Bawang Putih
1 sdt garam
1 sdm gula

Tumis bumbu sampai harum lalu masukan udang masak sampai udang berubah warna, masukkan labu siam dan tempe lalu aduk rata kemudian masukan santan, masak di api kecil sesekali diaduk.
Setelah bumbu meresap ke tempe, angkat.
Hidangkan dengan nasi hangat plus krupuk


Bumbu lain yang diperlukan : (tidak perlu dihaluskan)
3 lembar daun jeruk
1 batang Serai, memarkan
3 lembar daun Salam
3 cm Laos, memarkan







Tahu Cambah alias Tahu Taoge kuah kecap

Masakan sederhana ini segar rasanya dan menggugah selera, cocok di segala cuaca dan paling cocok di tanggal tua hehehe

Bahan :
5 potong Tahu sedang, potong dadu, goreng setengah matang, tiriskan, sisihkan.
200 gr taoge segar
1 buah Tomat , iris jadi 7
1 buah Cabe Merah besar, iris serong
1 batang Daun Bawang (Bawang Pre) iris tipis
4 siung Bawang Putih, iris tipis
5 buah Bawang Merah, iris tipis
4 sdm Minyak goreng utk menumis
6 sdm Kecap manis
1 sdm gula
1 sdt garam
400 ml air

Tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan bawang merah, daun bawang, potongan cabe merah dan tomat serta taoge dan kecap, biarkan taoge keluar air lalu masukkan tahu setengah matang (yg sudah dipotong dadu) lalu masukkan air, masak di api kecil sampai taoge layu.
Hidangkan dengan nasi putih hangat dan tempe goreng.

Sayur Lodeh Nangka muda alias Lodeh Tewel

Lodeh hari ini berisi tewel alias nangka muda, kacang panjang, & tempe
Yang membuatnya lezat adalah aku pakai RESEP IBU MERTUA-ku yg emang jagoan pol master of masakan bersantan :) halo-halo Ibu, apa kabar...

Rebus dulu nangka muda sampai lunak, lalu tiriskan, air jangan dibuang nanti tuangkan ke bumbu yg sudah digongso lalu tambahkan santan.

Berikut Bumbunya  :
*diuleg halus ya kalau mau diblender silahkan pakai minyak goreng jangan air (jangan lupa digongso dulu ya)*

10 butir bawang merah
5 butir bawang putih
1 sdm ketumbar
2 buah Cabe Merah
Lengkuas secukupnya
Kencur
garam & gula sesuai selera

Tambahan : 4 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 2 buah cabe merah iris serong
Catatan : boleh ditambahkan daging rawonan 100 gr aja, atau kaki ayam buat pemanis kaldu